Minggu, 26 Agustus 2012

Manajemen Pemasaran


Konsep manajemen pemasaran ada dua yakni :

1. Konsep manajemen pemasaran (the marketing concept)
Merupakan orientasi bahwa tugas pokok perusahaan adalah menentukan kebutuhan,keinginan dan penilaian pasar yg menjadi sasaran kemudian menyesuaikan sedemikian rupa kegiatan perusahaan agar dapat menyampaikan kepuasan yg di inginkan pasar secara lebih berdaya guna serta berhasil guna di bandingkan pesaingnya. Dalam konsep pemasaran,volume penjualan yg menguntungkan memang menjadi tujuannya. Akan tetapi laba yg di peroleh dari volume penjualan itu harus di dapat dgn mendapatkan juga kepuasan dari konsumen.

2. Konsep penjualan( the selling concept)
Mementingkan saja volume penjualan dan keuntungan tanpa pernah berpikir tentang kepuasan dari para konsumennya.

Berikut Ruang Lingkup Kegiatan Manajemen Pemasaran Meliputi:

1)            Pembelian (buying).
2)            Pemilihan (grading).
3)            Pengangkutan (transportation).
4)            Pembungkusan (packing)
5)            Penggudangan (storage)
6)            Pembelanjaan( financing).
7)            Periklanan (advertising).
8)            Penjualan (Selling).
definisi – definisipemasaran :

1. Pemasaran Menurut WY. Stanton

Pemasaran atau Manajemen Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli actual maupun potensial.

2. Pemasaran Menurut H. Nystrom

Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ketangan konsumen.

3. Pemasaran Menurut Philip dan Duncan

Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ketangan konsumen.

4. Pemasaran menurut The American Marketing Assocciation (AMA)

Pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan implementasi dari konsep, pricing, promosi, dan distribusi (ide, produk maupun jasa), sehingga dapat diciptakan pertukaran agar dapat memuaskan kebutuhan pelanggan dan perusahaan sekaligus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.