Konsep manajemen pemasaran ada dua yakni :
1. Konsep manajemen pemasaran (the marketing concept)
Merupakan orientasi bahwa tugas pokok perusahaan adalah menentukan
kebutuhan,keinginan dan penilaian pasar yg menjadi sasaran kemudian menyesuaikan
sedemikian rupa kegiatan perusahaan agar dapat menyampaikan kepuasan yg di inginkan
pasar secara lebih berdaya guna serta berhasil guna di bandingkan pesaingnya.
Dalam konsep pemasaran,volume penjualan yg menguntungkan memang menjadi tujuannya.
Akan tetapi laba yg di peroleh dari volume penjualan itu harus di dapat dgn mendapatkan
juga kepuasan dari konsumen.
2. Konsep penjualan( the selling concept)
Mementingkan saja volume penjualan dan keuntungan tanpa pernah
berpikir tentang kepuasan dari para konsumennya.
Berikut Ruang Lingkup Kegiatan Manajemen Pemasaran Meliputi:
1)
Pembelian (buying).
2)
Pemilihan (grading).
3)
Pengangkutan (transportation).
4)
Pembungkusan (packing)
5)
Penggudangan (storage)
7)
Periklanan (advertising).
8) Penjualan
(Selling).
definisi – definisipemasaran :
1. Pemasaran Menurut WY. Stanton
Pemasaran atau Manajemen Pemasaran adalah sesuatu yang
meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan
harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa
memuaskan kebutuhan pembeli actual maupun potensial.
2. Pemasaran Menurut H. Nystrom
Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa
dari tangan produsen ketangan konsumen.
3. Pemasaran Menurut Philip dan Duncan
Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang
dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible
ketangan konsumen.
4. Pemasaran menurut The American Marketing Assocciation
(AMA)
Pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan implementasi
dari konsep, pricing, promosi, dan distribusi (ide, produk maupun jasa),
sehingga dapat diciptakan pertukaran agar dapat memuaskan kebutuhan pelanggan dan
perusahaan sekaligus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.